Ads Inside Post

Motivasi Menulis

PMI DALAM PERJUANGAN KEMERDEKAAN

Bedah Buku 70 tahun PMI
Palang Merah Indonesia (PMI) tidak terlepas dari perjuangan kemerdekaan Indonesia. Begitulah yang dikatakan para pembicara dalam acara Bedah Buku 70 Tahun PMI di Universitas Indonesia (UI), Kamis (29/9). Prof. Dr. Edi Swasono sebagai cendekiawan mengatakan, kegiatan PMI sudah melekat sejak jaman perjuangan tahun 1945.
“Saat itu sudah ada kapal terbang yang membawa obat-obatan oleh Aji Sucipto yang sekarang menjadi nama bandara di Bandung,” jelasnya. Ia menambahkan Muhammad Hatta sebagai pendiri PMI dahulu memberikan organisasi kemanusiaan ini kepada sekretaris jenderal yang merupakan orangtua dari Pelaksana Harian (Plh) Ketua Umum PMI saat ini, Ginandjar Kartasasmita.
“Jadi kehadiran Pak Ginandjar di acara ini sangat serius,” kata Edi Swasono sembari tertawa.
Dalam acara bedah buku ini, Edi Swasono menjelaskan tentang berdirinya organisasi Palang Merah oleh Jean Henri Dunant dan bagaimana organisasi Palang Merah kini telah mendunia dan telah dirasakan kehadiran serta bantuannya oleh masyarakat.
Sementara itu Pemerhati Masalah Kesejarahan Letjen (Purn) J. Suryo Prabowo menggambarkan, PMI sejak dulu telah terbukti menyatukan bangsa tanpa melihat ras, warna kulit, agama, dan budaya.
“Saat perang ada yang membutuhkan darah, tetapi bertanya darah itu dari agama apa. Kalau dari agama berbeda, ia tidak mau. Saya pikir, bantuan tidak melihat perbedaan. Melalui bantuan darah inilah, PMI sebetulnya telah menyatukan bangsa,” jelasnya.
Edi juga menceritakan kiprah PMI saat terjadi konflik di Ambon. 
“Saat itu korban konflik Ambon banyak sekali. PMI sudah hadir disana untuk memberi bantuan,” ingatnya.
Bedah Buku 70 Tahun PMI mengangkat tema “Kehadiran PMI Memperkaya Makna Kemerdekaan Indonesia”. Acara ini terselenggara berkat kerjasama PMI dengan Universitas Indonesia (UI). Diadakah di Aula Apung, Perpustakaan UI, acara ini dihadiri oleh Plh. Ketua Umum PMI Ginandjar Kartasasmita, sejumlah pengurus PMI, dan diramaikan oleh mahasiswa UI serta sukarelawan PMI.
Buku 70 Tahun PMI diterbitkan PMI pada peringatan HUT PMI ke 70 tahun lalu. Buku ini dibuat bersama dengan Kantor Berita Antara Foto dan ANRI (Arsip Nasional Republik Indonesia). Buku ini berisi tentang awal terbentuknya PMI, bantuan PMI saat perang kemerdekaan, hingga pelayanan PMI saat ini.
“Rencananya buku ini akan kami buat lebih sederhana sehingga dapat dijual dengan harga lebih murah dan dapat dijangkau oleh masyarakat luas,” kata Muhammad Muas, Pengurus Bidang PMR dan Sukarelawan.
Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi : exkuwin suharyanto, kepala divisi sukarelawan PMI, HP. 08129658624 

sumber : http://www.pmi.or.id/index.php/berita-dan-media/peristiwa/item/861-pmi-dalam-perjuangan-kemerdekaan.html
Labels: Berita

Thanks for reading PMI DALAM PERJUANGAN KEMERDEKAAN. Please share...!

0 Komentar untuk "PMI DALAM PERJUANGAN KEMERDEKAAN"

Back To Top